Intra Kurikuler

KURIKULUM

  1. Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional (K-13) terintegrasi Kurikulum TK ABA 39 (Pendidikan Agama Islam)

  2. Metode pembelajaran : BCCT (Beyond Center and Circle Time) dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics)

  3. Media Pembelajaran : Loose Part


BCCT

Beyond Center and Circle Time

Metode pembelajaran yang berpusat pada siswa (child centered) di dalam area/sentra yang memungkinkan anak bergerak dari satu sentra ke sentra yang lain.

Metode ini mengembangkan potensi dasar anak secara aktif dan kreatif dengan suasana bermain yang menyenangkan (belajar sambil bermain, bermain seraya belajar).


STEAM

(Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics)


Pola pikir ilmiah bisa dilatih melalui pembelajaran berbasiskan STEAM. Dengan STEAM, anak diajarkan untuk berpikir secara komprehensif. Alih-alih hanya mengenalkan technology melalui gadget pada anak, metode STEAM ini sekaligus mengajarkan anak pada kelima hal sekaligus melalui metode belajar yang lebih menyenangkan bagi anak.

Metode STEAM ini berfokus juga pada kerjasama, komunikasi, penelitian, penyelesaian masalah, dan kemampuan berpikir kritis. Melalui pendekatan ini anak-anak diharapkan, tidak hanya cerdas secara akademis namun juga secara sosial.


LOOSE PART

Loose Parts adalah bahan yang dapat dipindahkan, dibawa, digabungkan, dirancang ulang, dipisahkan dan disatukan kembali dengan berbagai cara. Loose Parts menciptakan kemungkinan kreasi tanpa batas dalam aktifitas pembelajaran dan mengundang kreativitas anak.

Bahan ajar loose part dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi berbagai aspek: Pemecahan masalah, Kreativitas, Konsentrasi , Motorik halus, Motorik kasar, Sains (Sience), Pengembangan bahasa (Literasi), Seni (Art), Logika berpikir Matematika (Math), Teknik (Engineering), Teknologi.